Jumat, 21 Juni 2013

Dengan Music Digital, Semua Orang Bisa Berkarya



Hari terakhir gelaran CHIP Fiesta 2013, Kamis (20/6) kemarin, diisi dengan seminar Musiktek oleh Agus Hardiman, pembawa virus music digital.
Dengan mengambil tema Digital Music Now and The
Future, seminar ini diawali dengan pengenalan mengenai industri musik. Sejak menurunnya pengguna RBT, distribusi musik sudah mulai beralih ke Internet, seperti iTunes, YouTube, atau Apps Store. Ditambah lagi dengan meningkatnya pengguna gadget, orang mulai menggunakan music streaming untuk mendengarkan lagu.

Ada tiga teknologi dalam musik digital, diantaranya MIDI, Digital Audio, dan Sampling (merekam suara menjadi file digital untuk dijadikan musik).
Dengan music digital, semua orang mendapat kesempatan untuk berkarya. Dengan bantuan teknologi sampling, kita bisa menekan biaya, karena tanpa perlu menyewa orkestra. Kita bisa memainkan seluruh orkestra sendiri menggunakan keyboard.
Agus mengingatkan, ini semua hanya teknologi. Tentu saja semua didukung oleh hardware dan software. Menurut Agus, yang paling sulit ditiru adalah suara gitar. Untuk membuat aransemen musik dengan gitar, Anda bisa menggunakan software khusus.

Ditunjang dengan teknologi penyimpanan yang makin tinggi, teknologi sampling kian banyak diterapkan pada musik di lagu-lagu terkini. Salah satu musik hasil aransemen Agus adalah lagu Agnes Monica.

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.